Minggu, 02 Desember 2012


E- LEARNING
System pembelajaranb elektronik atau e-pembelajaran (Inggris:Electronic learning disingkat E-learning) adalah cara baru dalam proses belajar mengajar. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan tekhnologi informasi dan telekomunikasi. Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid ) tidak perlu duduk dfenga manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-learning juga dapat menyingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebiah program studi atau program pendidikan .
Dalam e-learning, factor kehadiran guru atau pengajar otomatis menjadi berkurang atau bahkan tidak ada. Hal ini disebabkan karna yang mengambil peran guru adalah computer dan panduan-panduan elektronik yang dirancang oleh “contens writer”, designer e-learning dan pemogram computer.
Dengan adanya e-learning para guru/dosen/instruktur akan lebih mudah :
  1. Melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar  yang menjadi tanggung jawab sesuai dengan perkembangan keilmuan yang mutakhir
  2. Mengembangkan diri atau melakukan penelitian guna meningkatkan wawasannya
  3. Mengontrol kegiatan belajar peserta didik.


Kehadiran guru sebagai makhluk hidup yang dapat berinteraksi secara langsung dengan para murid telah mengilang dari ruang-ruang elektronik e-learning ini e-learning ini . inilah yang menjadi cirri khas dari kekurangan e-learning yang tidak bagus. Sebagai mana asal kata dari e-learning yang terdiri dari e(elektronik) dan learning (belajar), maka system ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. (sumber: Wikipedia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar